Cara gampang menghilangkan rambut kaki

Posted by


Manusia pada dasarnya tidak mempunyai bulu, sebab definisi bulu sendiri merupakan sebuah lapisan halus dan lembut pada bagian permukaan tubuh. Alangkah lebih afdol apabila kita sebut dengan rambut halus. Munculnya bulu pada kaki dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Mulai dari genetika sampai dengan pengaruh lingkungan.

Untuk para lelaki, kebanyakan menyukai munculnya bulu pada kaki. Karena dengan adanya bulu pada bagian kaki, mereka bisa tampil lebih gagah dan berani, meskipun tidak semua demikian. Ada juga pria yang tidak suka dengan bulu, terutama bulu pada bagian tangan dan kaki yang lebat.

Sedangkan bagi seorang wanita, bulu juga merupakan sebuah bencana yang sangat menganggu penampilan mereka. Dengan munculnya bulu pada kaki dan tangan, seorang wanita tidak akan terlihat mulus dan cantik. Karena bulu-bulu tersebut menutupi kulit mulus seorang wanita.

Nah melihat dari masalah bulu-bulu tersebut, pada kesempatan yang baik kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa tips cara menghilangkan bulu tangan dan kaki, baik secara alami ataupun secara modern. Penasaran? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Di era modern seperti sekarang ini, sudah banyak sekali perawatan untuk menghilangkan bulu tangan dan kaki yang telah ditawarkan oleh para ahli terkemuka. Bisa dikatakan, cara menghilangkan bulu secara modern ini sangat baik untuk mengatasi bulu dengan cepat, bahkan hanya dalam hitungan jam saja. adapun cara modern yang bisa kamu tempuh antara lain:

1. Mencukur

Biasanya mencukur dilakukan untuk menghilangkan bulu kumis dan bulu wajah, namun kamu juga bisa mengatasi bulu kaki dan tangan dengan cara mencukurnya. Dengan mencukur bulu, maka kaki dan tangan kamu akan terlihat lebih mulus.

Cara mencukur bulu kaki yang benar:

- Pertama basuh terlebih dahulu area kaki dan tangan dengan menggunakan air hangat. Ini bertujuan agar pori-pori pada folikel bulu dapat terbuka, sehingga mempermudah pencukuran bulu nantinya.

- Setelah itu, olesi bagian yang berbulu dengan sabun atau krim khusus mencukur secara merata. Gunakan alat cukur yang masih baru, terutama bagian pisaunya.

- Cara mencukur yang benar mulailah dari bagian bawah sampai ke atas (berlawanan dengan pertumbuhan bulu). Sambil mencukur, tarik kulit kamu agar tidak terjadi ruam.

- Terakhir, bilas dan bersihkan area yang telah dicukur tadi dengan menggunakan sabun mandi. Namun apabila terjadi luka, berikan bedak bayi untuk meminimalisir rasa perih.

Catatan: kelemahan dari mencukur adalah akar rambut tidak bisa terangkat secara sempurna, sehingga nanti bulu dapat tumbuh lebih lebat setelahnya. Oleh sebab itu, hentikan pertumbuhan bulu setelah mencukur dengan krim khusus.

2. Tweezing

Tweezing merupakan salah satu cara menghilangkan bulu kaki dan tangan yang dilakukan dengan cara mencabuti bulu satu per satu. Meskipun cara ini memerlukan waktu yang lama, tetapi tweezing terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan bulu secara permanen. Sebab bulu bisa tercampur sampai ke akarnya, sehingga tidak memungkinkan untuk tumbuh lagi.

Cara mencabuti bulu kaki dan tangan:

- Siapkan terlebih dahulu pinset (alat pencabut bulu). Usahakan pinset yang masih baru dan bisa mencengkram lebih kuat.

- Sebelum mencabuti bulu, olesi bagian area kulit yang ada bulunya dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 10 menitan.

- Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk. Kemudian mulailah mencabuti bulu tersebut satu persatu, usahakan jangan sampai ada bulu yang terpotong setengah.

- Terakhir bilas lagi dengan menggunakan air hangat dan susul dengan air dingin untuk meringkas pori.

Catatan: kelemahan dari cara ini adalah biasanya akan menimbulkan iritasi kulit, ruam, dan bahkan lecet. Terutama apabila kamu tidak melakukannya dengan benar.

3. Waxing

Inilah metode menghilangkan bulu kaki dan tangan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Biasanya waxing ini dilakukan di salon-salon kecantikan. Caranya adalah dengan mengolesi kaki kamu terlebih dahulu dengan menggunakan cairan lengket khusus, lalu menempelkan kain di atas kain tersebut sampai membalut sempurna. Seketika itu juga, kain ditarik berlawanan dengan pertumbuhan bulu. Alhasil, bulu pun hilang dan tercabut sampai ke akar-akarnya.

Cara menghilangkan bulu yang satu ini tergolong lebih efektif dan efisien dari pada mencukur ataupun tweezing. Mengingat bulu kamu akan tercabut sampai ke akarnya tanpa harus mencabuti dengan pinset satu per satu.

4. Elektrolisis

Elektrolisis merupakan metode menghilangkan bulu yang cukup jarang diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini terjadi karena di Indonesia sendiri ahli elektrolisis masih sangat minim, jika pun ada pasti itu mematok harga yang lumayan mahal. Namun harga tersebut nantinya sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Sebab bulu kaki dan tanganmu bisa hilang secara permanen dalam waktu yang relatif singkat.

Metode ini dilakukan dengan cara memasukan jarum kecil pada bagian pori bulu. Kemudian jarum tersebut dialiri listrik berkekuatan kecil, sehingga membuat bulu-bulu pada bagian kaki terangkat dengan sendirinya. Setelah terangkat, dokter akan menggunakan bantuan pinset untuk mengambil bulu tersebut. Mungkin membayangkan cara ini kita akan mengira cukup ngeri, tetapi sebenarnya cara ini tidak menyakitkan sama sekali.

5. Laser hair removal

Biasanya laser hair removal dilakukan untuk menghilangkan bulu wajah, kemaluan, dan bagian kumis. Namun selain itu, laser hair removal juga bisa digunakan untuk mengatasi bulu kaki dan tangan. Metode ini dilakukan dengan cara menyinari bagian berbulu dengan menggunakan laser tertentu.

Untuk bisa melakukan laser hair removal, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Sebab harga perawatan kecantikan satu ini cukup mahal. Selain mahal, kamu juga akan mendapatkan imbas efek samping dari metode laser ini. Dimana panas laser akan membuat kulit memerah, terbakar, dan bahkan mengalami iritasi kulit.

Nah bagi kamu yang tidak suka dengan cara menghilangkan bulu tangan dan kaki secara modern, tenang masih ada cara alami yang bisa kamu tempuh. Meskipun cara alami memerlukan waktu lama, tetapi dijamin cara ini tidak akan menimbulkan efek samping. Bahkan dengan perawatan rutin, kulit kamu akan lebih mulus dari sebelumnya.

1. Gunakan gula, lemon, dan madu

Inilah cara menghilangkan bulu kaki yang sering saya lakukan (maklum saya juga punya bulu dulu). Cara ini hampir sama dengan waxing, yakni dilakukan dengan cara penarikan bulu dalam jumlah besar dengan menggunakan kain yang telah diolesi dengan cairan.

Cara menghilangkan bulu tangan dan kaki:

- Pertama campur terlebih dahulu 2 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan perasan lemon, dan 3 sendok makan madu alami. Campur ketiga bahan tersebut sampai merata.

- Rebus campuran tadi dalam sebuah panci tanpa menambahkan cairan apapun. Setelah terbentuk karamel, diamkan cairan tersebut dingin dahulu.

- Oleskan hasil rebusan tadi secara merata keseluruh bagian tubuh yang ada bulunya. Setelah merata, tutup cairan tersebut dengan menggunakan kain. Tekan-tekan kain tersebut sampai menempel pada permukaan kulit.

- Selanjutnya, tarik kain tersebut dari bawah ke atas (berlawanan dengan pertumbuhan bulu). Meskipun agak sedikit sakit, tetapi cara ini sangat baik untuk menghilangkan bulu secara permanen.

2. Gunakan putih telur, gula, dan tepung terigu

Putih telur sebenarnya baik untuk merawat rambut, namun akan menjadi penghambat rambut ketika kita campur dengan tepung terigu dan gula. Metode ini nyaris tidak membuat rasa sakit, sebab kita hanya mengoleskan secara rutin pada bagian kulit berbulu.

Cara alami menghilangkan bulu kaki dengan putih telur:

- Siapkan 1 butir telur (ambil putihnya), 2 sendok makan gula, dan 1 sendok makan tepung terigu kualitas terbaik.

- Campurkan bahan-bahan tersebut sampai membentuk sebuah adonan mirip pasta atau krim. Langsung saja oleskan pada bagian kulit yang berbulu, gosok-gosok secara perlahan sampai semua bulu rontok.

Catatan: cara ini hanya efektif apabila digunakan untuk menghilangkan bulu halus pada bagian tangan dan kaki kamu. Jika sudah lebat, jangan gunakan metode satu ini.

3. Kunyit dan kapur sirih

Kapur sirih memiliki sifat yang panas, sifat panasnya inilah yang cukup berkhasiat untuk merontokan bulu tangan dan kaki kamu. Namun jangan mencampurkan kapur sirih dalam jumlah terlalu banyak, sebab akan berpotensi membakar kulitmu. Selain itu, agar hasilnya semakin maksimal campurkan kapur sirih dengan haluskan kunyit.

Cara mudah menghilangkan bulu kaki dengan kapur sirih:

- Siapkan 2 sendok teh kapur sirih dan 2 sendok makan haluskan kunyit.

- Campur kedua bahan tersebut dengan menambahkan air sampai membentuk adonan mirip pasta.

- Setelah itu, oleskan secara merata pada bagian kulit yang berbulu. Gosok-gosok ramuan
tersebut secara perlahan selama kurang lebih 15 menitan.

- Jika sudah selesai, bilas area tersebut dengan menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.

4. Gunakan merica, kapur barus, dan minyak tanah

Minyak tanah memiliki sifat sebagai penghambat bulu/rambut, kapur barus baik untuk merontokan bulu, sedangkan merica memiliki sifat antibakterial yang dapat mencegah terjadinya infeksi ataupun alergi. Campurkan semua bahan tersebut agar hasilnya semakin maksimal.

Cara menggunakan merica, kapur barus, dan minyak tanah:

- Siapkan terlebih dahulu 2 sendok makan bubuk merica, 1 sendok teh kapur barus, dan minyak tanah secukupnya.

- Campur antara merica bubuk dan kapur barus yang sudah dihaluskan, kemudian tuang minyak tanah sampai membentuk pasta.

- Oleskan pasta tersebut secara merata keseluruh bagian kulit yang berbulu. Gosok perlahan dengan arah berlawanan pertumbuhan rambut selama 10 menit.

- Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Untuk menghilangkan
minyak tersebut, gunakan sabun mandi.

Bagaimana, mudah-mudah bukan? memang cara-cara diatas memiliki kelemahan dan kelebihan, baik itu secara alami ataupun modern. Saran saya, apabila kamu ingin cepat gunakan cara modern dengan biaya menyesuaikan. Namun jika ingin cara yang lebih mudah dan murah dengan waktu yang lebih lama, silahkan lakukan perawatan secara alami.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kamu...!


loading...
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




caricaracantik Updated at: 01.38

0 komentar :

Posting Komentar