6 cat rambut yang bisa anda buat sendiri dirumah

Posted by


Cat rambut yang bagus yaitu pewarna yang menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya saja yang dijual dalam bentuk kemasan seperti henna. Jika kamu ingin membuat sendiri, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan dari lingkungan rumah. Seperti, membuat pewarna rambut sendiri dari teh, bunga sepatu, dan kunyit. Dengan membuat sendiri pewarna rambut alami maka kamu tidak akan merasa khawatir lagi mengenai bahan yang digunakan untuk mewarnai rambut kamu. Pewarna rambut alami yang digunakan disesuaikan antara bahan dengan warna yang ingin dihasilkan.

1. Cat Rambut Warna Coklat Tua Dengan Teh Hitam & Kopi

TEH HITAM

Warna coklat ini cocok dengan kamu yang memiliki bola mata berwarna coklat tua atau coklat kehitaman dan juga kamu yang memiliki kulit berwarna coklat. Untuk mendapatkan warna coklat yang bagus kamu bisa menggunakan teh hitam dan kopi. Cara pembuatannya cukup mudah. Seduh teh dan kopi pada tempat yang berbeda kurang lebih satu gelas besar. Untuk rambut yang panjang dan tebal bisa menambahkan lagi jumlahnya.

Seduh teh dan kopi hingga kental serta warnanya menjadi pekat. Setelah itu, campurkan kedua cairan tersebut pada satu wadah lalu diamkan beberapa waktu hingga dingin. Tuangkan cairan tersebut secara perlahan ke rambut kamu. Rambut diremas sedikit-sedikit agar cairan tersebar merata. Setelah selesai tutupi rambut dengan shower cap lalu diamkan kurang lebih setengah jam. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan proses ini seminggu dua kali hingga kamu mendapatkan hasil warna yang sesuai dengan keinginan. Perlu diperhatikan ketika menuangkan cairan ke rambut, lakukan secara hati-hati agar tidak mengenai pakaian kamu.

2. Cat Rambut Warna Coklat Muda Dengan Teh Chamonile & Lemon

Teh Chamomile and Lemon

Ada dua jenis campuran yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan rambut berwarna coklat muda. Pertama menggunakan teh chamomile dan lemon. Cara pembuatannya cukup mudah, teh chamomile terlebih dahulu diseduh hingga kental. Sedangkan lemon cukup diperas hingga kurang lebih sebanyak satu cangkir. Campurkan hasil seduhan teh chamomile dengan air lemon pada satu wadah. Tuangkan cairan tersebut ke rambut, remaslah rambut secara perlahan. Diamkan rambut kurang lebih selama setengah jam. Jangan lupa tutup rambut dengan shower cap. Lakukan proses ini berulang sebanyak 2 hingga 3 kali selama seminggu hingga kamu mendapatkan warna coklat muda yang kamu inginkan.

Cara kedua yaitu menggunakan campuran antara kayu manis dan cengkeh. Kayu manis dan cengkeh sama-sama dapat mencerahkan batang rambut menjadi coklat muda. Pembuatan pewarna rambut menggunakan kayu manis dan cengkeh cukup mudah. Campurkan setengah hingga secangkir bubuk kayu manis dengan bubuk cengkeh. Banyaknya bubuk yang digunakan ini disesuaikan dengan ketebalan dan panjangnya rambut kamu. Kemudian tambahkan air hingga secangkir penuh. Lalu tuangkan cairan tersebut ke rambut secara perlahan sambil meremas rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama kurang lebih setengah jam. Ulangi kembali proses ini selama dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Cat Rambut Warna Merah Gelap Dengan Bunga Sepatu & Mawar

Flower Shoes & Roses

Merah merupakan salah satu warna cukup banyak dipilih untuk mewarnai rambut. Bahan-bahan untuk membuat pewarna rambut merah ini cukup mudah ditemukan di sekitar kamu. Bunga sepatu dan bunga mawar misalnya. Bunga tersebut bisa kamu gunakan untuk menghasilkan pewarna rambut merah.

Pertama-tama ambil segenggam kelopak bunga sepatu dan segenggam kelopak bunga mawar merah. Tumbuk kelopak kedua jenis bunga tersebut secara bersamaan hingga halus kemudian tambahkan sedikit air. Terapkan ke rambut kamu dengan menuangkan secara perlahan. Remas-remas rambut agar cairan merata. Diamkan rambut yang telah ditutup dengan shower cap. Semakin lama kamu mendiamkan rambutnya maka warna yang dihasilkan akan maksimal.

Lakukan proses ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu agar warna yang diperoleh menjadi lebih bagus. Kamu akan mendapatkan manfaat lain apabila menggunakan pewarna dari bunga sepatu dan bunga mawar ini yaitu rambut kamu akan terlihat lebih berkilau.

4. Cat Rambut Warna Merah Terang Dengan Buah Bit & Paprika

paprika

Untuk mendapatkan warna merah yang terang kamu bisa membuatnya dari campuran bit (beetroot) dan paprika. Siapkan bubuk paprika dan bubuk bit masing-masing sebanyak satu cangkir. Campurkan kedua bubuk tersebut lalu tambahkan sedikit air. Aduk hingga merata dan cairan menjadi merah kental.

Gunakan pada rambut kamu dengan cara dituangkan sedikit-sedikit. Remas bagian rambut agar cairan merata pada seluruh bagian rambut. Diamkan beberapa saat setelah menutupnya dengan shower cap. Lakukan proses ini berulang sebanyak dua hingga 3 kali seminggu. Pengulangan ini dilakukan agar hasilnya maksimal.

5. Cat Rambut Warna Hitam Dengan Kacang Walnut & Urang Aring

kacang walnut

Hitam merupakan warna yang diidamkan oleh banyak wanita di Indonesia. Bahan alami untuk menghasilkan pewarna hitam ialah biji kacang walnut dan urang aring. Biji kacang walnut dapat membuat rambut kamu menjadi hitam legam dan berkilau. Cara pembuatan pewarna ini cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan setengah cangkir bubuk walnut hitam. Kemudian bungkus bubuk tersebut pada kain yang cukup tebal. Seduh bubuk tersebut pada air hangat seukuran 3 cangkir.

Diamkan seduhan selama semalam hingga memperoleh hasil warna hitam pekat. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan cairan pada setiap helai rambut. Pastikan penggunaannya merata agar hasilnya terlihat bagus. Lakukan penggunaan ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam waktu seminggu.

Urang aring pasti sudah tidak asing lagi kamu dengar. Di negara kita ini, urang aring sudah sangat dikenal sebagai pewarna rambut alami untuk menghasilkan warna hitam dan juga membuat rambut menjadi lebih sehat. Sudah banyak produk shampoo yang menyebutkan bahwa menggunakan urang aring dalam jenis produknya. Jika kamu ingin mencoba membuat sendiri, mengolah urang aring tidaklah sulit.

Kumpulkan segenggam daun urang aring kemudian tumbuk hingga menjadi cairan kental berwarna hitam pekat. Lalu oleskan cairan ini secara merata pada rambut kamu yang telah dicuci bersih. Lakukan proses ini setiap kamu selesai mencuci rambut agar warna hitam pekat tetap melekat. Pastikan rambut sudah dalam keadaan kering ketika akan mengoleskan cairan.

6. Cat Rambut Warna Pirang atau Blonde Dengan Kunyit

kunyit

Warna yang cukup banyak dilirik oleh orang yang akan mewarnai rambut salah satunya ialah warna pirang. Warna ini sebenarnya bisa kamu buat sendiri tanpa harus menggeluarkan uang berlebih di salon. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan warna pirang ini tidak asing lagi. Kunyit yang selama ini kamu tahu untuk membuat nasi kuning sesungguhnya bisa kamu gunakan juga untuk membuat pewarna alami rambut.

Cara pembuatannya tidaklah sulit. Siapkan seperempat cangkir kunyit yang telah diparut. Tambahkan air hangat secara perlahan kemudian peras hingga diperoleh secangkir larutan kunyit pekat. Siapkan botol spray yang telah dicuci bersih. Masukan cairan tersebut kedalam botol spray. Terapkan pada rambut dengan cara disemprotkan ke seluruh batang rambut secara merata. Remas rambut secara perlahan agar cairan dapat terserap.

Diamkan rambut selama beberapa saat hingga rambut mengering. Bilas rambut dengan air bersih. Lakukan kembali proses ini setiap dua hari sekali hingga mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan kamu.

Oke itu dia 6 cara untuk membuat cat rambut yang bagus dan alami. Mudah bukan membuat pewarna untuk rambut kamu secara alami? Bahannya pun mudah ditemukan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat rambut menjadi lebih indah dengan warna yang baru.


loading...
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




caricaracantik Updated at: 03.06

0 komentar :

Posting Komentar